Wisuda S2

Standard

Setting tempat: Perpustakaan Fakultas Psikologi UGM

(1)

hari ini wisuda S2.

(2)

Merasa asing. Berada di antara dua mahasiswa S2 yang sedang bercerita tentang kuliah mereka. Yang satu mengambil S2 Magister Profesi dan yang satunya mengambil S2 Magister Science.

Roaming.

Bertukar cerita tentang sidang kompre masing-masing. Yang satu sudah selesai melakukan treatment dan yang satunya akan mengambil data di kota asalnya bulan Agustus besok. Kalau tidak salah, aku sempat mendengar kata ‘Berlin’ dan sepertinya salah satu dari mereka akan melanjutkan kuliah di sana. Yang satu bercerita bahwa ada ia pesimis ‘bisakah aku wisuda Oktober besok?’ dan yang satunya mengatakan ‘Pasti bisalah! Kan tinggal ambil data toh?’. Yang satu mengatakan ia ingin segera seminar dan yang satunya mengatakan “Waah.. keren! Nanti kasih aku ya! Aku mau nonton”. Wajah mereka terlihat begitu sumringah.

Seketika, ada sesuatu yang datang ketika celah itu terbuka. Kalau kata Bang Napi, “Ingat! Kejahatan itu bukan karena salah pelakunya. Tapi karena ada kesempatan! Waspadalah! Waspadalah!” (eh, bener gak sih redaksinya kayak begini? 😛 )

Tiba-tiba teringat sebuah hadis.

Dari Ibnu Mas’ud r.a. dari Nabi Sholallohu’ailihi wasallam bersabda: “Tiada kehasudan yang dibolehkan melainkan dalam dua macam perkara, yaitu: seseorang yang dikarunia oleh Allah akan harta, kemudian ia mempergunakan guna menafkahkannya itu untuk apa-apa yang hak – kebenaran – dan seseorang yang dikaruniai oleh Allah akan ilmu pengetahuan, kemudian ia memberikan keputusan dengan ilmunya itu – antara dua orang atau dua golongan yang berselisih – serta mengajarkannya pula.” (Muttafaq ‘alaih)

Tuhan, maafkan aku..

Perbanyak istighfar.. perbanyak bersyukur.. dan tanyakan pada dirimu, “Apa yang sebenarnya ingin kau capai di dunia ini?”..

27.07.2011

menjelang waktu dzuhur

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s