KamSo #2

Standard

Berasa jadi anak S2 😀 ~hohoho… padahal mah dari style pun udah keliatan kalo aku masih bergaya anak S1.  Untungnya, disana nggak ada ‘razia’ penyelundup yah. Hehe, kalo ada, pasti ketauan deh kalo penyelundupnya adalah aku ^^b.

Duduk bersama mereka, auranya beda! Hmm, atmosfernya terasa bedaaaa banget sama aura waktu aku dateng KRPH ato kajian umum (bukan khusus untuk mahasiswa S2 kayak gini). Entah ya, begitu aku duduk diantara mereka, ‘aroma’ akademisnya terasa banget. 😀 *hahaha.. lebay deh loe Va..

Merasa “Weehh.. keren! SDM yang akan berjuang di ranah akademis pasti tambah banyak nih!” *kagum: modeon.  Nggak pernah punya cita-cita untuk menjadi seorang dosen atau peneliti. ^^v .. hm, lebih seru kalo berinteraksi sama anak-anak :D.

Ops. Kembali ke mushola apung.

Mushola ini menjadi salah satu tempat aku –setelah maskam UGM— untuk ‘melarikan diri’ alias berkontemplasi dan menyendiri. Dan nggak tau kenapa, setiap duduk di sana, rasanya sejuuuukk banget. Adem. Tenang. Hijau. Seger juga. (malah pernah kepikiran untuk naek perahu di bawah musholanya sembari poto-poto :D..).

Waktu masih ‘muda’ (masih jadi mahasiswa yang masih menggebu-gebu kalo lagi punya ‘proyek’), aku paling suka kalo syuronya bertempat di mushola apung. Kadang kami dulu-duluan gitu (baca: ‘rebutan tempat’) sama orang lain yang juga mau syuro di sana. Haha.. jadi suka ketawa sendiri kalo inget masa-masa itu :D..

Liqo disana. Up grading lembaga disana. Foto-foto sama adek di sana. Ngerjain Mr.S pun disana. ~ah, mushola apung memang tempat bersejarah. Dan di Kamso kemarin, aku dapet materi tentang cara penyembelihan hewan secara islami.

Hm, jadi ustadnya ini (aduh aku lupa siapa namanya!) bilang, waktu di Eropa kemarin, di sana itu ternyata punya cara sendiri dalam menyembelih hewan. Bukan dengan cara umum seperti kita kalau menyembelih hewan qurban loh! Ternyata di sana itu hewan yang akan disembelih, pertama kali akan dibuat pingsan dengan cara ditembak. Ditembak di bagian persilangan antara mata dan dahi (eh, bener gak ya? haduh.. takut salah nulis nih). Intinya mah, ustadnya bilang, yang mereka tembak adalah syaraf pusat si hewan. *idiih.. tega bener ya?

Nah, habis itu, baru deh si hewan di potong. Menurut hasil penelitian yang pernah dilakukan oleh tim di sana, cara pemotongan yang seperti itu ternyata tidak lebih baik dari cara pemotongan hewan secara islami. Pertama, karena cara yang dengan ditembak itu ternyata lebih menyakiti si hewan (ini berdasarkan hasil pengukuran rasa sakit dari alat khusus yang bisa mengukur rasa sakit tersebut). Kedua, karena jika ternyata si hewan ini sedang sakit, maka peluang terjadinya kontaminasi pada daging hewan tersebut lebih besar dimiliki oleh cara pemotongan dengan carai ditembak.

#hm,, sampai sini, tulisanku ini bisa dimengerti nggak? Kalau nggak, berarti penggunaan bahasaku harus diperbaiki nih –.–“

Baru tahu kalau…

Sakit atau sehatnya kondisi si hewan ternyata berpengaruh pada kualitas dagingnya. Jadi, hewan yang lagi sakit itu, kalau kita menyembelih dia, darah yang keluar tuh akan sedikit nah ini membuat daging ini menjadi lebih lembek dan dampaknya jadi gampang rusak/ndak awet. Gitu..

~Ah! Sebenernya mah aku merasa nggak begitu nyambung dengan apa yang disampaikan oleh Pak Ustad. Secara gitu ya, beliau menyebutkan nama ilmiah dari organ-organ dalam tubuh hewan, terus ada pula enzim ato apalah itu namanya +.+ beneran gak dong.. huhuhu..

Oia! Aku baru inget siapa ustadnya! Dr. Yuni Erwanto (dosen fakultas Peternakan UGM).

Kayaknya, ini dulu yang bisa kuceritain tentang KamSo pertama yang kudatangi hari itu. ~Alhamdulillah yah, dapet sesuatu.. (hohoho..)

Advertisements

2 thoughts on “KamSo #2

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s