KamSo #1

Standard

#1

Eh, itu bukan bahasa Jepang. Bukan juga nama makanan (bakso: modeon –hahaha. Gak lucu tau, va!). Ada yang tau KamSo? *coba mikir dulu selama 3 detik 😀 Satu. Dua. Tiga. Bae lah, karena nggak terjawab, kukasih tau aja ya. KamSo itu singkatan dari kajian kamis sore. Kajiannya anak-anak eh mahasiswa pasca sarjana UGM.

 Sore itu, sepulang dari Klinik LKC, aku berencana langsung pulang. “Mau kemana lagi Va setelah ini?”, tanya mbak Ida. Ah iya! kukenalin ya, Mbak Ida ini ustadzah alias guru mengaji tempat aku belajar qiro’ati. Hehe. Maklumlah, bacaan Alqur’anku belum fasih. Makhrojnya masih belum sempurna semuanya dan yah, intinya mah aku pengen belajar tahsin *investasi masa depan.. hehe. Well, kembali ke pertanyaannya Mbak Ida, aku Cuma jawab “mau pulang, mbak. Hehe. Ke kos aja”.

 “Oh, nggak ke DS?”, tanyanya lagi. Dan aku Cuma geleng-geleng kepala sembari tersenyum. (pengen istirahat, ceritanya mah).

 Pertanyaan diajukan ke Teh Ussy sama Mbak Rus. Mereka berdua ini mahasiswa S2. Teh Ussy ambil S2 si magister teknik, beliau mbak kosku. Kalo Mbak Rus ini temennya Teh Ussy, hmm aku lupa Mbak Rus ini ambil magister apa ya? hmm ya sudahlah.

 Balik ke pertanyaan dari Mbak Ida, “Mbak Ussy mau ke DS?”. Teteh diem aja. “Kalo mbak Rus mau kemana?”, tanya mbak Ida.

“Hm, aku ke Kamso aja kali ya”, jawab mba Rus.

“Kamso? Apaan tuh mbak?”, tanyaku.

“Niva mau ikut?”, tanya teteh dengan logat sundanya. Eh iya, Teh Ussy ini asli Garut. Jadi bahasa sundanya tuh haluuuuss banget.

“Hm.. emangnya teteh mau kemana? Kalo ke DS, hmm aku pulang aja deh, hehe”

“Aku ikut mbak Rus aja deh”, kata teteh.

“Ya udah, kita ke Kamso aja yuk”, ajak mbak Rus.

 ….

“Aku nggak ikut deh Teh. Nanti kalo aku ditanyain, ‘anti di jurusan apa?’ Aku kan bukan anak S2”, kataku.

“Haduh neng, gak papa. Enggak ada aturannya harus S2 dulu kalo mau dateng Kamso. Iya kan mbak Rus?”, kata teteh yang langsung enngok kearah mbak Rus.

“Iya, gak papa”, jawab mbak Rus.

“Tapi mbak, ……… (tetep aje nyari-nyari alesan, hehe).

 Hmm.. sembari markirin si Hotaru, aku jadi ragu-ragu ikut mereka pergi. Alesannya satu: ngantuk. 😀 *gak banget deh alesannya. Sempet bilang ke mereka juga sih kalo aku rada ragu-ragu buat pergi. Hehe. Si teteh cuman beristighfar sembari geleng-geleng kepala. Hahaha.. 😛 .. Tiba-tiba jadi inget kata ustad awan, “setan itu seneng banget kalo kita males-malesan ikut hadir ke majelis ilmu”.. Hadeeh, em je je.. baiklah! Aku ikut kamSo!

 Sore itu, melintasi daerah Pogung dari arah jembatan baru Teknik. Selepas melewati rumah makan barokah, gang sempit menuju darush Sholihat, dan berjalan di sepanjang jalan selokan mataram, aku melihat ada beberapa muslimah yang sedang duduk melingkar di bawah sebuah pohon di salah satu lapangan rumput di sana (komplek gedung paska sarjana UGM). Ah jadi rindu pada masa-masa itu.

 Salah satu tempat menimba ilmu. Duduk melingkar. Membaca alquran. Berbagi cerita. Mendengarkan taushiyah. Ah, masa-masa muda.. *7 tahun yang lalu..

 Masuk ke komplek paska sarjana UGM, hotaru kuparkirkan di tempat parkir persis di timurnya mushola apung.  Yang deket tempat wudhu ikhwan itu loh. Melihat ke arah mushola, “wew! Tumben amat. Ikhwannya ada banyak. *hahaha… kukira, jumlah akhwat yang datang ke Kamso akan lebih banyak daripada jumlah ikhwan, ternyata kebalik.

 Duduk di mushola apung.. ~aiih.. ademnya..

>.< kapan ya terakhir aku ke sini?

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s