tentang sebuah nama

Standard

(menjelang azan Ashar)

tok. tok. tok.

aku: “Masuk ajah”.

Kayaknya tuh pintu tambah macet aja dah. Jadi susah dibuka tutup gitu. –.–”

Pintu pun terbuka. Kukira siapa.. ternyata Mbak Eny.

mbak Eny: “Eh, ini pertama kalinya aku masuk kamarmu, Mah” (ammah, pent.).

aku: “Iyakah, mbak” *nengok ke belakang. Hadeeh.. kardus berantakan, buku dilantai dan lain sebagainya.

aku: “Jyaah.. sekali-kalinya ke sini, kamarku lagi berantakan begini” *emangnya biasanya gemana Va? =p

Sempet terheran-heran. Kenapa mbak Eny ke kamarku yak? Apa ini tentang bayaran kos? *loh?

mbak eny: “ammah, punya nama buat bayi perempuan nggak?”

Heh? Perasaan, mbak eny masih 6 bulan dah umur calon si dede bayi.

mbak eny: “Ini Mah, buat mbakku. Mbakku nanya ke aku”.

aku: “Hm.. ada sih mbak”, agak ragu-ragu menjawabnya.

mbak eny: (menyodorkan Hp-nya). “Tulis aja Mah disitu”.

Haduuh.. Aku nggak PD nih. Secara ya, nama yang sudah kusimpan di memoriku itu muncul begitu saja tanpa memikirkan ‘kaidah pemberian nama untuk anak’.

mbak eny: “Nggak papa, Mah. Ditulis aja. Hmm. tapi sama artinya ya, Mah”. (sembari tersenyum)

Ah iya! Nama itu adalah doa.

aku: (mengetik nama tersebut berikut artinya). “Hana Faqiha Sholihah. Hana itu dari bahasa jepang, artinya bunga. Faqiha itu.. hm.. aduh mbak, aku nggak tau nih kalo dalam bahasa arab, artinya apa. Kalo di kajian yang pernah kudatangi sih, mbak, tentang wanita-wanita muslimah faqiha gitu, jadi, mereka itu memiliki banyak ilmu hmm semacam faham hadist, juga ilmu-ilmu yang lain. Hm, ato coba tanya mbak endang aja gimana?

mbak eny: “ammah endang belum ada ide, katanya ntar habis sholat aja. hehe”

aku: “Hmm..kalo Sittati? Dia kan Sastra Arab, mbak.

mbak eny: “Ammah Tati lagi pergi deh kayaknya”.

aku: “Haduh.. eh. Ah iya! Kita cari di google aja mbak, hehe”.

Ku ketik kata Faqiha dan kutemukan arti kata itu adalah ‘memahami, mengerti’.

aku: (masih mengetik di HP-nya mbak eny). “Faqiha itu berarti memahami. Sholihah itu harapannya nanti jadi wanita sholihah. Hmm.. jadi intinya, Hana Faqiha Sholihah itu Cantik seperti bunga, tapi bukan cuma cantik secara fisik, dia juga paham tentang ilmu-ilmu agama dan harapannya nanti menjadi wanita yang sholihah. Gitu, mbak”.

mbak eny: “Ooh.. Ya udah, makasih ya, Mah”.

aku: “Eh, tapi nama ini mah usul aja, mbak. hehe. Kalo ada nama yang lebih bagus, ya nggak papa”.

mbak eny: “Nggak papa, Mah. Makasih ya, Mah (terdengar azan ashar). Sholat yuk, Mah”.

aku: “Hayu..”

Nama itu. Nama yang sudah kupersiapkan untuk anak perempuanku nantinya. Hahaha.. Padahal mah ndak tau kapan Dia memberi izin padaku untuk mengemban sebuah amanah bernama ‘ibu’, tapi ketika nama itu terlintas selepas aku menghadiri KRPH selasa beberapa bulan yang lalu, aku berharap nama itulah yang akan kuberikan pada anak perempuanku.

Hana Faqiha Sholihah.

Seorang wanita yang cantik secara fisik (like a flower), memiliki wawasan yang luas -memahami ini dan itu- seperti muslimah-muslimah faqiha di jaman dulu, lalu ia sampaikan pada orang lain, dan harapannya akan menjadi wanita yang sholihah. Itu doa dibalik nama tersebut.

Hmm.. belum menemukan kalimat yang pas untuk menggabungkan ketiga arti tersebut menjadi sebuah kalimat yang pas dan enak didengar. hehe.,

Ah, sudahlah! Nanti aku akan mencari nama lain yang mengandung doa dan harapan -setelah Allah memberikan izin itu padaku, pastinya. Hohoho..

 

Advertisements

11 thoughts on “tentang sebuah nama

  1. wah, bagus mbak namanya, di kampus ada teman yg manggil2 aku Hana juga. Hana Yori dango katanya, ha3.
    cocok pula tu buat anakku, karena rencana semua anak2ku ntar harus ada kata yang berawalan H dan F, dan juga kata Ranu.
    Hafiyya Fakhrina Ranu, nah, ini salah satu plan nama anakku, hihihi.

    SMANGAT Mbak! siapin diri jadi ibu… :mrgreen:

  2. semoga Allah segera mempertemukan mba’ niva dengan sang ayah amin…
    * Hana Faqiha Sholihah: wanita sholihah yang faham agama bak bunga yang indah dan menentramkan jiwa..
    kartini punya usul nama mb, Qurrata a’yun / latifatunni’mah.. singkat sich mb, tapi insyaAllah berbobot…

    • ah iya!
      kalimatnya bagus tuh dek ^^

      ~hm.. boleh.boleh.. usul ditampung deh
      (berasa jadi ibu-ibu hamil aja. =p padahal mah calon ayahnya juga belom ada. xixixi)

    • Iya juga ya Moy. Hihihi..
      Kukira, nama ‘hana’ itu nama yang langka alias jarang dipake sama orang, eh ternyata pasaran juga.. =(
      # pengen kasih nama yang langka tapi tetep bermakna.
      kayak anniva (eh tapi aku nggak tau ding, arti anniva tuh apa ya?)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s