Karena kamu butuh itu!

Standard

Kadang kita tak meminta, tapi ia justru datang tiba-tiba. Diberi olehNya, secara cuma-cuma. Namun ketika pinta dan doa ini tak kunjung jua terpenuhi, pernahkah ada keraguan dihati ‘tak ada gunanya aku meminta lagi’..

# Percaya dan yakin sajalah!
Apapun yang Dia beri -sejatinya- itulah yang benar-benar kita butuhkan.

kau benar.

ketika kita menginginkan sesuatu, dan kita pinta sesuatu itu padaNya -dengan doa, dengan sholat, dengan sedekah, dengan amal lainnya pun – tetap saja sesuatu itu belum diberikan olehNya.

adakah yang salah?

ah iya! mungkin kuantitas ibadahmu masih dirasa kurang olehNya. ataukah kualitas ibadahmu yang masih jauh dari standar kelulusannya? dimulai dari niat (lillahi ta’ala), dilanjutkan dengan amal yang nyata dan ikhlas adanya. kemudian menjaga keikhlasan itu agar warnanya tetap bening dan tak terkotori oleh yang namanya riya’. sudahkah?

tapi, ketika kau sedang tak menginginkan sesuatu itu, kenapa justru ia datang secara tiba-tiba? dalam hati pasti berkata, “Tuhan, bukan ini yang aku pinta..”

sudahlah! kau mungkin masih belum bisa membedakan: mana yang namanya keinginan (karena nafsu) dan mana yang namanya kebutuhan (untuk kehidupanmu), iya kan? toh nyatanya, yang kau pinta pun selalu yang kau impikan.

kalau saja kau tahu,

yang namanya nikmat dariNya itu sungguh berharga.

mulai dari yang bernilai materi sampai yang non-materi. dari yang tampak sampai yang tak kasat mata.

adakah kau bersyukur setiap harinya? sekedar berucap terima kasih padaNya atau memuji keagungan dan kebaikan-kebaikan yang diberikan olehNya

: adakah?

keinginanmu yang belum terpenuhi itu, bukan karena Dia tak sayang padaMu. bukan pula karena Dia tak adil padaMu. tapi karena Dia tahu, bahwa kau sedang membutuhkan itu.

kalaupun Dia memberikan sesuatu yang tak pernah kau pinta -atau mungkin sudah kau buang jauh-jauh kesana-, percayalah.. ada kebaikan di dalamnya.

karena kita hanya manusia. yang terkadang nafsu itu pun justru mendominasi diri kita. dan hanya Dia yang tahu, “ini yang terbaik untukmu, wahai hambaKu.. terimalah. dan manfaatkan sebaik yang kau bisa..”

“Saat diberi sesuatu engkau bergembira, dan saat ditolak engkau kecewa, maka simpulkanlah bahwa yang demikian itu adalah bukti dari kekanak-kanakanmu dan ketidaktulusan penghambaanmu.”
(Al Hikam: Rampai Hikmah Ibn ‘Atha’illah, h.215)

berdialog dengan diri

tepat di pergantian hari masehi

yogyakarta, 60 hari.

Advertisements

19 thoughts on “Karena kamu butuh itu!

  1. tak bisa komentar lagi, semua lengkap ada di postingan ini.. dan quote terakhir, dhe sangat suka.. pandailah untuk bersyukur, pandailah untuk peka terhadap semua yang sudah dia berikan, maka kau pun akan malu untuk hanya bisa meminta.. 😀

  2. suka ini “kalaupun Dia memberikan sesuatu yang tak pernah kau pinta -atau mungkin sudah kau buang jauh-jauh kesana-, percayalah.. ada kebaikan di dalamnya”

    benarlah bahwa Allah kan memberikan yang kita butuhkan bukan yang kita inginkan kan ya 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s