Sambel ulek ala Niva

Standard

Sambel ulek ala Niva

Jadi ceritanya hari ini mau bikin sambel ulek. Setelah sekian lama tak makan sambel (kecuali kalo dinner di luar :D) dan setelah punya cobek (pemberian Nia) jadilah bertekad “harus bisa bikin sambel sendiri!”  =D.. satu alasan lagi: karena doi-ku juga suka banget sama yang namanya sambel.

Jadi inget waktu mamah Iwat bilang, “tinggal bikin sambel, pake tempe ato tahu doang juga a pan ji udah suka, neng. Gampang dia mah makannya ^^v.. sambel ato kentang.. “ ~hohoho.. baiklah, mah!

Lanjut ke judulnya..

Tapi, berhubung jarang banget bantu mamah bikin sambel (hehehe, ketauan deh kalo dulu nggak pernah terjun di dunia dapur)  jadine nggak tau bahan apa aja yang dibutuhin tuk bikin sambel ulek –.–“ . Ah iya! Kan ada di buku resep! (berniat mau liat resep di buku resep tapi keburu inget kalo tuh buku ada di Jakarta).. =(

Eh, kenapa nggak tanya mamah aja ya? =D

Then, bertanyalah aku pada mamah via SMS. Tanya ke mamah cicih, soale mamah iwat sepertinya  masih ngajar kalo jam segini ato mungkin masih di sekolah..

Dan inilah jawaban mamah (pake redaksiku):

  1. Goreng terasi 1 potong (hmm kira-kira sebesar ibu jari) dalam 2 sendok makan minyak goreng.
  2. Kalo udah mateng, masukin 10 buah cabe merah (yang udah dipotong-potong)
  3. Tambahin tomat 1 buah yang udah dipotong jadi 4 bagian
  4. Goreng semua sampe mateng terus angkat en ulek deh
  5. Tambahin 1 sdt gula pasir plus sedikit garam (kira-kira seujugn sdt-lah ya..0
  6. Then, ulek deh sampe jadi sambel

Langsung praktek!

Dan TARAA… jadilah sambel ulek buatan niva!

Advertisements

10 thoughts on “Sambel ulek ala Niva

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s