cerita tentang mabit

Standard

Sabtu kemarin, tepatnya beberapa pekan yang lalu -malam Ahad tanggal 16 Ferbuari, si doi ada agenda mabit di SDIT Ukhuwah, Banjarmasin. Lokasinya lumayan deket kalo dari kantor. Kukira mabitnya itu Ahad malam, jadi bisa malem mingguan dulu sama si doi 😛 eh ternyata malam Ahad =( . Ya sudahlah, karena sudah menjadi agenda ‘wajib’, jadilah ba’da Isya doi berangkat ke sana. *kalimatnya kok kedengeran ‘terpaksa’ sih Va? ..

Besok paginya, sepanjang perjalanan dari rumah ke kantor (bersama si Skupi), si doi cerita sedikit banyak tentang mabit malam Ahad kemarin.

D: “Neng, kemaren aa ketemu sama suaminya Bu Lia”. (Bu Lia nih salah satu ‘guruku’ di sini ^^)

A: “Siapa, a?”

D: “Pak Rizal.”

A: “ooh.. terus?”

D: “terus yaa ngobrol aja. Nanya nanya kabar. Terus aa bilang, ‘baik, pak. Istri saya lagi berguru sama istri pian’.. (pian = kamu, tapi dalam bahasa halus).

A: “hmm.. terus?”

D: “terus kan aa nanya, ‘loh, si sulung kok nggak ikut pak?’.. Sidin (beliau, pen.) jawab, ‘nggak. Udah tidur dia. Palingan kalo tau abinya mau mabit, dia minta ikut mabit. Hehe..’.

A: “heh? Emangnya suka ikut mabit a anaknya Pak Rizal?” (nada nggak percaya)

D: “wee.. namanya juga anak kader, neng. Mereka mah udah biasa ikut mabit kalo abinya ada agenda mabit”.

A: “lah. Kan anaknya pas Rizal masih bocah.. kok dia mau sih?” (tetep nggak percaya. secara gitu ya, anaknya pak Rizal yang sulung tuh setauku masih duduk di TK besar kalo nggak kelas 1. Masa’ iya dia mao ikut abinya mabit?..)

D: “hehe.. nggak tau juga kenapa mereka mau ikut mabit. Tapi yaah emang rata-rata begitu, neng. Malahan kemaren tuh ada anak yang minta ikut mabit sama abinya padahal masih Maghrib. Hahaha..”

(Jadi gini, si doi itu ngobrol dengan seorang bapak –bukan Pak Rizal. Anggaplah namanya Pak Fulan. Pak Fulan ini baru aja sampe rumah, dari DPW. Dan begitu sampe rumah, kedua anak laki-lakinya udah nodong minta ikut mabit. “Mereka bilang, ‘Ayo abii.. kita berangkat..”. Dan Pak Fulan crita, “padahal saya masih capek, baru aja nyampe rumah”) =D

“WEW! Semangat amat mereka”, pikirku. Jadi ngebatin, nanti kalo kami udah punya anak en si doi ada agenda mabit, kira-kira nih anak mao ikut abinya mabit nggak ya? =D =D

Okey, kembali ke obrolan.

A: “Hahaha.. keren amat! Mabitnya kan ba’da isya, lah ini, baru aja Maghrib tapi mereka udah ngajak berangkat. Terus, mereka jadi ikut abinya mabit, a?”

D: “hehe.. ikut. Kemaren ditunjukkin sama abinya, ‘tuh, mereka udah pada tidur’. ”

***

Ah, subhnalallah ya..

Jadi inget ceritanya Ustad Salim yang juga suka ngajak anaknya mabit atau agenda-agenda semacamnya.

Jadi malu sama mereka. Terlepas “apakah mereka tahu esensi dari mabit itu sendiri ataukah nggak”, tapi yang pasti, diusia mereka yang masih bocah, mereka malah minta tuk ikut mabit abinya dan seketika merasa tertohok begitu ingat beberapa tahun yang lalu aku malah ‘bandel’ setiap ada agenda mabit di kampus.

banjarmasin, 08.03.2013

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s