Bolu Pisang ala Niva

Standard

20130306_094627

Sebenernya udah pengen diposting di bulan kemarin, cuman karena beberpa hal (haiyah! Nyari alesan 😛 ) jadinya baru sekarang bisa diposting. Hehe..

Dari judulnya udah bisa ditebaklah ya. bau-bau makanan gitu =D

Resep ini kudapat dari Bi Ela. Bi Ela itu istrinya mang yaya, nah mang yaya itu adek kandungnya mamah iwat. Jadi bisa disimpulkan bahwa Bi Ela itu adalah adek iparnya mamah iwat sekaligus tante (bukan kandung)-nya si doi.

Bi Ela memang ‘terkenal’ dengan bolu pisang buatannya ini. Itulah kenapa pas lebaran kemarin, di rumah babu (babu itu ibunya mamah iwat. Kalo nenek dari papah sama mamah itu kupanggil emak dan abah, nah kalo  dari mamah iwat ini dipanggilnya dengan ‘babu’), bi ela diminta tuk bikin bolu pisang pas ada banyak pisang yang hampir busuk. Hmm bukan busuk ding, tapi terlalu matang.

Nah! Daripada dibuang toh, kan mubazir. Jadilah bi ela memanfaatkan pisang-pisang itu menjadi sebuah kue yang ternyata enak banget rasanya 😀 ..

Dan pas kemarin itu aku lagi ngobrol berdua sama Bi Ela, kutanyalah resepnya. Ini dia resepnya..

Bahan :
– tepung terigu 1/4 kg
– pisang nangka (atau pisang yang lain juga boleh) 1/2kg ~kira-kira sekitar 4-5 buah . Pisangnya harus mateng. Yang lembek gitu.
– santan (dari 1/2 buah kelapa) atau klo mau pake santan instan pake yg 200ml
– gula pasir 8 sdm (atau tergantung selera)
– vanili bubuk (sedikit aja). Tapi kalo nggak ada pun gak papa kok..

gemana caranya?

Caranya:
1. Campur tepung terigu, gula pasir, santan, vanili bubuk sampai rata.
2. Iris iris pisangnya (di hancurin gitu). Then masukin ke campuran adonan pertama.
3. Aduk sampe pisang hancur en becampur rata.
4. Kukus sekitar 25 menit. : )

Begitu aja.

Simple kan ya?

Nah, pada suatu hari di awal bulan maret, kucoba mempraktekkan bikin tuh bolu. Di rumah dan sendiri. Hahaha.. nggak tau kenapa, kalo mau ujicoba gitu aku lebih suka sendirian daripada ditemenin ato dibantuin sama orang lain =D .. biar nggak bergantung sama ahlinya kali ya =p

Jadi ceritanya, setelah beli pisang ambon di Giant (karena bibi sayur udah beberapa hari nggak lewat depan rumah), besoknya langsung bereksperimen ria ~ dan ngikutin resep yang ada.

Adonannya udah jadi. Tinggal dikukus.

Eh, ternyata ada sedikit masalah. –.–“  wadah tuk adonannya ternyata nggak cukup sama ukuran panci yang kupunya.. hadeeh.. bagemana ini? Udah jadi adonan, kalo nggak dikukus terus mao diapain?

+.+  (pancinya ternyata kekecilan sodara-sodara..)

*krik.krik.krik.krik

Ngubek ngubek alat masak, AHA! Menemukan sebuah wadah yang hmm mungkin bisa dipakai tuk mengukus. Hahaha.. sebenarnya rasa maksa sih, tapi setelah berkonsultasi sama mamah cicih via telepon, jadilah kupakai wadah itu untuk naro adonannya then dimasukin ke panci buat ngukus adonannya..

Apakah wadah yang kumaksud?

JRENG! JRENG!

eh, potonya nanti deh ya. Ada di si taby. dia lagi di charge 😦 .. *baru inget kalo poto si bolu belon dipindahin ke Levo.

Intinya mah itu wadah yang sering kupake tuk bikin sayur bening 😀 dan untuk pertama kalinya malah dipake buat ngukus makanan 😛 

20130306_094707

Yah, hasilnya bisa ditebaklah.. tak seindah dan tak sempurna seperti bolu yang dikukus dengan menggunakan ‘wadah yang seharusnya’.. ^^b

Kesan pertama mungkin nggak menarik sama sekali tuk dimakan :p tapi pas dicoba, hmm.. nyummy juga..

Cuman memang, ternyata kemanisan .. ya sudahlah.. yang penting udah jadi. Hehe.

Oh ya, karena aku pake ‘wadah sayur’ tuk ngukus adonannya, itu butuh waktu lebih lama dari biasanya. Hampir satu jam kayaknya aku nungguin tuh adonan mateng ~.~

# ternyata memang benar: Cooking is Fun! ^0^

Banjarmasin, 15.03.2013

Advertisements

6 thoughts on “Bolu Pisang ala Niva

  1. suka masak ya mb?ada situs bagus cookle..hehe kok promosiin yaa.. salam kenal ya.saya masih newbie di dunia blogging.tampilan blogny bagus jadi pengen nimba ilmu ama mb niefha..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s