26 Hari

Standard

Dear ayahabi..

Yang namanya nenek-kakek itu, kayaknya emang lebih sayang sama cucunya ya daripada sama anaknya? Hehe.. kesimpulan yang rada maksa sih sebenernya.. Jadi keinget sama ucapannya tante pas Ramadhan kemaren, “udah dah, sekarang mah kalo udah ada cucu, semuanya buat cucunya.. baju baru buat cucu, topi baru buat cucu, sepatu baru buat cucu, buat anaknya mah udah nggak ada. Kayak gua nih sekarang..” –.–“

Intinya sih, ucapannya tante itu sebagai bentuk protesnya tante karena peluang tuk dapet jatah buat lebaran itu kecil banget. Hehe.. sama kayak katanya Ota, “yah semuanya buat dede engging.. buat dede azka.. baju lebaran gua kayaknya nggak ada nih tahun ini”..

Juga kayak cerita dipostingan sebelumnya, pas ummi ‘diomelin’ nnin karena lama ganti popoknya dede syahdan. Nggak tega liat cucunya nangis.

Juga tentang baby walker. Maksudnya si Ngki itu biar dede azka belajar jalannya lebih cepet, soalnya emang tuh anak nggak bisa diem. Aktif banget.

Yah, selalu ada yang berbeda, bukan begitu, cinta? Dan memang yang muda seharusnya lebih bersabar (atau mengalah) ya saat ada perbedaan pendapat dengan orangtua ataupun dengan mertua. Maksud ummi, jangan sampai sikap juga lisan ini justru menyakiti hati, walau sebenarnya tak ada niatan untuk menyakiti. Dan itu tak bisa dilatih hanya dalam waktu satu atau dua hari.

 Ayahabi, tadi ummi mandiin si dede lagi loh. Dikasih nilai juga sama tante. Tau gak berapa nilainya? Lima setengah. T.T o-em-ji.. kalo di rapor mah itu pake tinta merah ya? =p . terus, katanya lagi, nanti bakalan ada HER. Remidial gitu.. biar nilainya naik. *berasa ujian sekolah aja. Oia, ummi dikasih nilai lima setengah kayaknya mah karena pas mau ngebasuh punggungnya, ummi salah megang: posisinya.. gitu.. ya sudahlah, gapapa. Hehe.. namanya juga belajar. ^^

Eia, tadi Nnin Eni sama Nnin Aan datang ke rumah. Mau jemput Emak sama abah uyut. Nnin Aan minta maaf karena baru nengokin si dede, minta maaf juga karena tante dian en dede arga belum bisa ke rumah. Katanya, dede arganya lagi susah makan. BB-nya cuma 5,5 kg. Gitu..

Hmm ya udah deh ya, ayahabi,, Itu dulu ceritanya.

Selamat istirahat, cinta 🙂

Rawa badung, 16/08/2014

Advertisements

4 thoughts on “26 Hari

  1. sudah pernah ada penelitian tentang peran kakek-nenek dalam mengasuh cucu. Dan memang nenek-kakek lebih memprioritaskan cucu ketimbang anak. Melalui nenek, cucu akan memahami tentang kasih sayang, kelembutan. Melalui kakek, cucu akan belajar rasa tanggung jawab, ketegasan bersikap.

    Kakek-nenenk pun lebih implementatif dalam memberi teladan. Pola asuh yang sering bentrok dengan ortu adalah soal kedisiplinan. Karena kakek-nenek akan cenderung “memanjakan” cucu. Meskipun manja di sini bukan lantas memenuhi seluruh keinginannya.

    Contoh sederhana penerapan pendidikan kakek-nenek: kalau sudah jam 9 malam, mengajak cucu ke tempat tidur dengan cara dituntun, Sedangkan ortu biasanya cenderung “memerintah” atau “memberi instruksi” 🙂

    anyway, keep write and share, mak 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s