Jaga pandangannya

Standard

Selalu ingat nasihat ummi umi munawirah. Setelah menikah nanti, seorang istri harus menjaga pandangan suaminya dari hal-hal yang tidak boleh ia lihat. Pun sebaliknya.

Misal, saat bermalam di rumah orangtua istri. Istri wajib menjaga pandangan suaminya dari aurat adik perempuannya juga adik ipar dari adik laki-lakinya. Jangan sampai suami melihat jemuran pakaian dalam mereka. Jangan sampai suami melihat mereka berpakaian yang mengundang syahwat. Maka sholihah, maaf kalau teteh bawel bin rewel ke kamu minta tuk pakai baju yang tidak ketat, tidak pakai celana pendek, dan cobalah belajar memakai jilbab walau hanya di rumah. Sebab suami teteh tetap bukan mahrammu. Maaf juga teteh sering menegur untuk tidak tiduran di ruang tengah. Karena bukan hanya pandangan suami saja yang harus teteh jaga, teteh juga punya kewajiban untuk mengingatmu agar tetap menutup aurat walau ‘hanya’ di depan ipar. Maaf ya, sholihah.. semoga paham apa yang teteh maksud.

Atau semisal saat bermalam di kediaman orangtua suami. Suami wajib menjaga pandangan istrinya. Kalau istri ingin mencuci pakaian dan menjemurnya, pastikan tempat jemurannya tak terlihat oleh ayah atau adik laki-lakinya. Sepele ya? Ah sungguh, istri sangat menyukai perhatian perhatian kecil dari sang suami. Ingatkan mereka untuk mengetuk pintu jika ingin masuk ke kamar (walau sebenarnya itu memang kamar mereka, si istri kan hanya sedang ‘numpang’ menginap saja). Kalau mereka biasa berhanduk saja selepas mandi, ingatkan untuk mengganti pakaian di kamar mandi. Dan sebagainya.

Maka hal yang mungkin dianggap sederhana ini harus dikomunikasikan dengan baik. Dan pastinya itu butuh waktu untuk membicarakannya bersama, duduk berdua. Satu jam mungkin, atau dua jam saja.

Advertisements

One thought on “Jaga pandangannya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s